Wednesday, February 2, 2011

5 Film Mandarin Sambut Imlek 2011

Gong Xi Fat Chai! Selamat hari raya Imlek 2562. Hari ini warga Tionghoa di seluruh Indonesia merayakan Imlek dengan damai dan sukacita. Seluruh pernak-pernik Imlek menghiasi setiap sudut rumah, lengkap dengan hidangan makanan khas Imlek seperti kue keranjang.

Tak lengkap rasanya jika merayakan Imlek tanpa menonton film-film yang bertema Imlek. Di awal tahun kelinci emas ini ada lima film Hongkong yang dipersembahkan khusus untuk menyambut Imlek. Genre yang ditawarkan pun bervariasi ada yang komedi, drama, hingga martial art. Kelima film Hongkong itu adalah Shaolin, The Grandmasters, I Love Hongkong, All's Well, Ends Well dan Mr. and Mrs. Incredible. Sebagian dari film ini ada yang sudah dirilis di bioskop, sebagian lagi mungkin tak masuk bioskop dan Anda bisa menontonnya di DVD. Simak daftar berikut ini :

1. Shaolin
Cast : Andy Lau, Nicholas Tse ,Fan Bing Bing, Jacky Chan, Wu Jing, Xing Yu, Bai Bing, Yu Shao Qun dan Liang Jing Ke dan Sang Wei Lin.
Director : Benny Chan

Salah satu film terbaik martial arts yang muncul di awal tahun ini dan sudah tayang di seluruh bioskop tanah air pada 25 Januari lalu. Dikisahkan seorang panglima perang bernama Hou Jie (Andy Lau) dan wakilnya yang sudah dia anggap sebagai adik, Tsao Man (Nicolas Tse) yang kejam menyerang kota Dengfeng untuk memperluas wilayahnya. Dalam serangan itu, banyak rakyat jelata yang tewas dan terluka. Para korban yang terluka dirawat dalam kuil Shaolin yang dijaga 3 master Shaolin, Jing Neng (Wu Jing) , Jing Kong (Xing Yu) dan Jing Hai (Yu Shao Qun).

Ketika dalam satu serangan ke kuil Shaolin, Hou Jie berhasil mengalahkan seorang master Shaolin, Jing Neng membuat Hou Jie menjadi sombong. Kesombongannya berbuah malapetaka. Hou Jie dikhianati sahabatnya sendiri, Tsao Man yang membunuh putri kecilnya. Hou Jie kemudian melarikan diri bersama istrinya, Xue Yan (Fan Bing Bing) untuk meminta perlindungan ke kuil Shaolin. Disana, tempat yang pernah dikotorinya dulu, Hou Jie bertobat dan berteman dengan seorang juru masak Shaolin, Wu Dao (Jackie Chan) yang mengajarinya banyak hal tentang makna kehidupan. Bersama-sama dengan beberapa master Shaolin, Hou Jie kini harus berhadapan dengan adiknya sendiri, Tsao Man yang menyerang kuil Shaolin.

2. The Grandmasters
Cast : Tony Leung, Song Hye-kyo,Zhang Ziyi dan Chang Chen
Director :
Wong Ka-wai

Sosok Ip Man begitu fenomenal, hingga banyak sineas Hong Kong berbondong-bondong membuat versi biografinya dengan gaya masing-masing. Tak terkecuali dengan sutradara jenius seperti Wong Ka-wai yang mengangkat seputar kehidupan guru Bruce Lee ini dengan judul The Grandmaster. Dikisahkan Ip Man, seorang pria kaya raya memiliki bakat bela diri yang luar biasa namun kesehariannya Ip Man tetap seorang pria yang ramah. Namun, itu tidak membuatnya bebas dari masalah. Suatu hari , Ip Man terjebak dalam sebuah pertarungan dan dengan bakat bela diri Wing Chun, Ip Man berhasil lolos. Di versi ini akan ditampilkan sahabat Ip Man, Master Kung dan anak perempuannya, Kung Yi. Wong Ka-wai menyakinkan versi garapan dia sangat berbeda dengan versi Wilson Yip, namun tetap akan menampilkan adegan pertarungan. Istri Ip Man diperankan aktris Korea Selatan terkenal, Song Hye-kyo.

3. I Love Hongkong

Cast : Tony Leung Ka Fa, Eric Tsang, Sandra Ng, Aarif Lee, Mag Lam & Clorinda Chan
Director : Eric Tsang & Chung Shu Ka

Seperti sudah tradisi, Eric Tsang menghadirkan film-film bertema Imlek setiap tahunnya. Kali ini, Tsang menggandeng 100 lebih bintang mandarin untuk bermain dalam film yang berkisah tentang pengalaman masa kecilnya di rumah susun. Film ini menfokuskan sebuah keluarga yang sedang dilanda masalah keuangan. Adalah Shun (Tony Leung Ka Fa), seorang suami yang kembali bersama dengan istrinya Shun-So (Sandra Ng) dan ketiga anaknya (Aarif Lee, Mag Lam & Clorinda Chan) untuk tinggal bersama ayahnya (Stanley Fung) di rumah susun. Awalnya mereka memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan dengan beberapa tetangga disana, namun perlahan-lahan timbul rasa solidaritas diantara mereka ketika seorang raja properti yang akan menggusur rumah susun.

4. All's Well, Ends Well
Cast : Louis Koo, Carina Lau, Donnie Yen, Cecilia Cheung, Raymond Wong, Yan Ni, Lynn Xiong, Chapman To, Sammi Cheng, Angela Baby, dan Irene Wan.
Director : Chan Hing-kar & Janet Chun

Bagi yang sudah kangen dengan akting Cecilia Cheung di layar lebar jangan lewatkan film komedi romantis ini. All's Well, Ends Well menandai comeback-nya Cecila Cheung sejak vakum karena tersandung kasus foto skandal seks beberapa tahun silam. Menariknya lagi, film ini dibintangi setidaknya 30 bintang papan atas Hongkong seperti Louis Koo, Carina Lau, Donnie Yen, dan Sammi Cheng. All's Well, Ends Well adalah seri keenam berjudul sama yang dirilis untuk menyambut Imlek tiap tahunnya.

Kali ini, ceritanya akan menyoroti kehidupan para pekerja di dunia kecantikan. Seorang ahli tata rias wajah legendaris, Sammy (Louis Koo) dan asistennya Claire (Cecilia Cheung) harus mengurusi sebuah perusahaan kosmetik. Berbagai masalah tak terduga muncul. Sementara itu, teman Sammy, Ron (Donnie Yen) jatuh cinta pada modelnya, Mona (Carina Lau). Walaupun Donnie Yen tidak akan menunjukkan kemampuan kungfu-nya dalam film ini. Tak usah khawatir, para penonton masih bisa melihat Yen menari.


5. Mr. and Mrs. Incredible
Cast :Louis Koo, Sandra Ng
Director : Vincent Kok

Ingat! Film ini tak ada hubungannya dengan film animasi Pixar, The Incredibles karena Mr. and Mrs. Incredible adalah sebuah film komedi superhero produksi Hongkong. Dikisahkan dalam zaman Cina kuno, superhero Huan (Louis Koo) menikah dengan seorang superhero wanita bernama Red (Sandra Ng). Mereka memutuskan pensiun dan pindah ke sebuah desa kecil untuk menjalani hidup sebagai manusia biasa dengan membentuk sebuah keluarga. Lima tahun berlalu, mereka kini hidup bahagia dengan kehidupan yang tenang. Hingga suatu hari, sebuah kompetisi seni bela diri digelar di desa tempat mereka tinggal. Mereka berencana meninggalkan desanya namun yang terjadi mereka difitnah terlibat dalam konspirasi pembunuhan seorang juara. Untuk mengungkap siapa dalang dibalik semua itu, Huan dan Red mengenakan kostum superhero untuk memberantas kejahatan dan menegakkan keadilan.

Demikian 5 film Hongkong bertema Imlek yang pantas ditonton selama liburan Imlek bersama keluarga. Selamat menonton! Gong Xi Fat Chai!!! (Norman)

No comments:

Post a Comment