Monday, December 6, 2010

Hanz Zimmer Garap Musik Score 'Superman'

Musik khas Superman yang legendaris itu akan kembali diaransemen ulang oleh komposer terkenal, Hanz Zimmer. Pengumuman itu disampaikan Zimmer sendiri saat menghadiri acara pesta perilisan DVD/Blu-ray Inception. Theme song Superman adalah salah satu musik klasik masterpiece terbaik sepanjang masa karya komposer legendaris John William yang muncul di film pertama Superman tahun 1978. (Klik link ini untuk mendengar lagunya, Superman Main Theme - John Williams).

Hanz Zimmer bukanlah komposer sembarangan. Beberapa tahun terakhir ini, Zimmer banyak bekerja sama dengan sutradara Christopher Nolan seperti Batman Begins, The Dark Knight dan Inception. Termasuk proyek Superman yang juga diproduseri Nolan dengan sutradara Zack Synder. Banyak musik masterpiece lahir dari tangan Hanz Zimmer seperti Rain Man, The Lion King, Crimson Tide, The Thin Red Line, Gladiator, Black Hawk Down, The Last Samurai, dan trilogi Pirates of the Caribbean. Terakhir, Zimmer baru saja selesai menggarap score Inception dan film animasi Megamind milik DreamWorks Animation.

Tahun 2011 akan menjadi tahun yang sibuk bagi komposer asal Jerman ini. Pertama, Zimmer harus menyelesaikan musik score Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides yang dirilis Mei 2011. Lalu diikuti dengan film animasi Rango, sekuel Sherlock Holmes 2 dan Kung-Fu Panda 2. Setelah selesai itu semua, barulah Zimmer menggarap musik score dua film superhero DC, Superman dan The Dark Knight Rises yang akan dirilis tahun 2012.

Zimmer adalah komposer keempat yang menangani musik score Superman. Komposer John William menciptakan musik orisinil Superman pada tahun 1978 yang sampai sekarang menjadi musik adegan pembuka setiap film Superman. Musik score sekuel Superman II dan Superman III tidak ditangani penuh oleh Williams, tapi diserahkan ke Ken Thorne sebagai komposer utama bersama sejumlah musisi lainnya. Di tahun 2006, John Ottoman dipercaya Warner Bros menggarap musik score Superman Returns.

Dengan bergabungnya Hanz Zimmer sebagai komposer, proyek Superman semakin semarak dengan orang-orang hebat dibelakang layarnya. Kita tunggu saja bagaimana kolaborasi Zimmer, Snyder, Nolan dan David S. Goyer di tahun 2012. (TS)

Superman Returns -John Ottoman (2006)

No comments:

Post a Comment