Friday, May 20, 2011

Universal Picturers Angkat Dongeng 1001 Malam Ke Layar Lebar

Universal dikabarkan tengah bernegosiasi untuk mengangkat dongeng 1001 malam atau Arabian Knights (versi Inggris) ke layar lebar untuk produser Brian Grazer dan Erica Huggins (Flight Plan), dari Imagine Entertainment. Proyek Arabian Knights ini berbeda dengan Arabian Nights versi Chuck Russel yang dibintangi Dwayne Johnson sebagai Sinbad dan Liam Hemsworth sebagai Ali Baba.

Ceritanya nanti akan ditulis Kyle Ward yang diperkirakan akan mengambil dongeng klasik Timur Tengah, 'One Thousand and One Nights' atau yang biasa dikenal dengan cerita Negeri 1001 Malam. Dalam dongeng ini termuat beberapa kisah yang sangat populer diantaranya “Aladdin’s Wonderful Lamp” (Aladin dan Lampu Wasiat), “Ali Baba and the Forty Thieves” (Ali Baba dan 40 Penyamun) dan “The Seven Voyages of Sinbad the Sailor” (Petualangan Sinbad).

Sejauh ini plot ceritanya masih dirahasiakan dan dipastikan akan sangat berbeda dengan proyek Arabian Nights milik FilmDistrict yang dibintangi Dwayne Johnson dan Liam Hemsworth. Namun sepertinya pahlawan dongeng 1001 malam yang diangkat bukanlah Ali Baba, Aladdin ataupun Sinbad, melainkan seorang pahlawan dengan inisial 'K'. Siapakah dia? Belum jelas. Ada dugaan Universal akan mengambil cerita dari episode pertama kartun Arabian Knights karya Hanna Barbera.

Proyek film 1001 malam ini akan diproduksi Blacklight Transmedia, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang properti. Seperti yang dikutip dari The Warps, Blacklight akan mengembangkan sebuah film layar lebar yang diangkat dari novel grafis, video game dan buku serial.

Arabian Knights adalah naskah kedua yang ditulis Ward untuk Universal setelah Fiasco Heights, yang bercerita tentang sekelompok tim pembunuh yang mencari seorang wanita hilang. Selain itu, Ward juga menulis naskah beberapa video game yang akan segera diangkat ke layar lebar, antara lain Kane & Lynch untuk Lionsgate, Hitman 2 untuk Fox, dan Devil May Cry untuk Screen Gems.

Beberapa film terkenal yang diangkat dari kisah dongeng 1001 Malam adalah Aladdin (1997) produksi Walt Disney dan trilogi The 7th Voyage of Sinbad (1958), The Golden Voyage of Sinbad, and Sinbad dan Eye of the Tiger (1977). Lalu diantara kedua proyek itu manakah yang akan diproduksi dulu? Arabian Nights atau Arabian Knight? Kita tunggu saja. (TS)

Berita Terkait :
- 'Sinbad: Rogue of Mars', Sekuel Baru Sinbad Akan Dirilis Tahun 2012
- Dwayne Johnson Perankan Sinbad dalam 'Arabian Nights'

No comments:

Post a Comment