Saturday, October 30, 2010

Roland Emmerich Garap Film Bertema Invasi Alien, 'The Zone'

Setelah sukses menggarap film kiamat 2012, sutradara Roland Emmerich akan segera menggarap film terbarunya bertema invasi alien ke bumi, The Zone. Sebelum produksi The Zone dimulai Emmerich telah disibukkan mengerjakan film drama politik thriller, Anonymous.

Seperti yang dilansir The Hollywood Reporter, sutradara asal Jerman ini mengumumkan The Zone akan berbiaya produksi rendah hanya 5 juta dollar Amerika, tidak seperti film-film dia sebelumnya yang memakan anggaran biaya yang gila-gilaan. Biaya itu terbilang rendah untuk ukuran sebuah film fiksi ilmiah. Bahkan, masih rendah dibanding biaya produksi film sejenis, Skyline garapan Colin dan Greg Strause yang akan dirilis 12 November ini. Oh No!!!

Menariknya, jika melihat ke belakang film-film yang dibuat Emmerich rata-rata tidak ada biaya produksi yang kurang dari 100 juta dollar Amerika sejak Stargate yang dibuatnya tahun 1994. Jangan bayangkan film ini seperti ID:4 yang memakan anggaran biaya cukup besar dengan barisan aktor ternama dan efek-efek memukau.

Lalu bagaimana dengan plot ceritanya? Emmerich membocorkan The Zone akan menampilkan berbagai potongan video, footage, suara radio, dan file rahasia yang membuktikan eksistensi alien di bumi. Dua tokoh utamanya telah dipilih dan saat ini nama aktornya masih dirahasiakan. Emmerich menyebutkan dua karakter itu adalah seorang wartawan dan seorang kameraman keturunan Afrika Amerika.

Selama ini, Emmerich dikenal sutradara spesialis film bencana (disaster). Beberapa film terkenalnya antara lain Universal Soldier (1992). Stargate (1994) , Independence Day (1996), Godzilla (1998), The Patriot (2000). Eight Legged Freaks (2002), The Day After Tomorrow (2004), dan 2012 (2009). Sayangnya film tentang prasejarah zaman purba, 10,000 BC (2008) anjlok di pasaran dan mendapat respons buruk dari kritikus.

Naskah The Zone akan ditulis penulis sekaligus sutradara Perancis, Guillaume Tunzini. Beredar kabar, Sony akan mendistribusikan film ini. Rencananya film yang diproduseri Loucas George ini akan memulai syuting pada pertengahan November. (TS)

1 comment:

  1. Yang menarik dari film-film Emmerich adalah selalu dengan efek-efek yang luar biasa dan mengangkat tema-tema kebersamaan dalam menghadapi persoalan dunia. Hal penting yang nampaknya harus dipikirkan manusia untuk menyelamatkan dunia. Paling tidak sebagai bahasa dunia film sangat layak menjadi penyemangat untuk melakukan tindakan bersama.

    ReplyDelete