Friday, March 11, 2011

Poster Film 'Dedemit Gunung Kidul' Jiplak Poster 'Drive Angry'?

Entah sampai kapan pembuat poster film Indonesia berhenti 'meniru' poster dari film luar terutama dari Hollywood. Untuk kesekian kalinya, sebuah poster film horor Indonesia produksi K2K kembali menambah sederet daftar panjang poster 'plagiat' dari film luar. Film itu adalah Dedemit Gunung Kidul yang dibintangi Tasa Rudman dan si seksi Uli Auliani yang posternya mirip dengan poster Drive Angry. Konyolnya, kedua film tersebut akan tayang berbarengan di bioskop di bulan Maret ini.

Dalam kedua poster itu sama-sama memperlihatkan dua bintang utamanya berada dalam mobil. Sudut pengambilan gambarnya pun dibuat miring seolah-olah mobil berjalan dengan kecepatan tinggi. Kesamaan yang lain adalah posisi duduk seorang wanita seksi dengan kacamata hitam (banyak yang mengatakan mirip dengan Victoria Beckham) terlihat sama dengan si blonde Amber Heard yang mengangkat kedua kakinya di atas kursi mobil. Tak berhenti disitu, Uli yang berada di samping wanita itu terlihat sedang mengemudikan setir mobil, pose ini sama dengan Nic Cage dan secara desain tidak terlihat proporsional. Parahnya lagi, setir mobilnya berada di sisi kiri. Di Indonesia, semua setir mobil berada di sisi kanan, bukan di kiri seperti mobil luar. Kebetulan? Tidak. Coba perhatikan lagi percikan api di kanan bawah poster Drive Angry yang diikuti di poster Dedemit Gunung Kidul yang menggantinya dengan cipratan darah. Yang paling menggelikan adalah gunung salju yang menjadi latar belakang sosok dedemit (setan) di jendela mobil. Sejak kapan gunung Kidul bersalju?

Kesimpulannya apa hubungannya mobil dengan plot cerita Dedemit Gunung Kidul? Tak ada sama sekali, karena mobil dalam film Dedemit Gunung Kidul bukanlah bagian utama dari film kecuali hanya sebagai kendaraan biasa untuk ke gunung Kidul. Dari judul dan plot ceritanya film ini erat hubungannya dengan penunggu gunung Kidul yang dibalut dengan kisah pesugihan di dalamnya.

Sementara mobil yang dikendarai Nicolas Cage dan Amber Heard di Drive Angry bukanlah tanpa sebab, mobil ini dipakai keduanya di sepanjang filmnya untuk memburu pelaku pembunuhan yang dilakukan sekelompok pemuja setan. Mobil ini mendapat porsi yang sangat besar di sepanjang film, mulai dari terlibat adegan kejar-kejaran, ledakan sampai bisa berpindah tempat.

Mungkin saja si desainer poster Dedemit Gunung Kidul ingin menampilkan sesuatu yang keren untuk posternya, tapi jadinya norak dan malah terkesan plagiat. Bisa juga karena jadwal produksi yang mepet membuat si desainer poster memilih 'jalan pintas' dengan mengorbankan idealisme dan kreativitas. karenaIronisnya, si desainer poster lupa bahwa isi poster tak ada sama sekali hubungan dengan isi film kecuali memajang dua cewek seksi di dalam posternya sebagai 'jualan' utama. Padahal, profesi seorang desainer poster dituntut memiliki ide-ide orisinil dan kreatif untuk menghasilkan sebuah karya terbaik dan menciptakan inovasi baru. (TS)


Berita Terkait :
- Inilah Foto-Foto Seksi Amber Heard dalam 'Drive Angry 3D'
- Poster Baru 'Drive Angry' Tampilkan Nicolas Cage dan Amber Heard
- Poster dan Foto Baru 'Drive Angry 3D' Yang Lebih Sangar
- Wow! Bintang Glee, Charlotte Ross Bakal Tampil Telanjang Bulat di 'Drive Angry 3D'

3 comments:

  1. sori nih numpang komen, tasa rudman cowok loh. tu cewek bule bukan tasa, gatau deh siapa, gak penting juga di filmnya

    ReplyDelete
  2. #bee
    Thanks atas koreksinya bro...udah saya ralat...sekali lagi makasih yah.

    ReplyDelete
  3. Pantes ngerasa familiar pas liat posternya Dedemit Gunung Kidul di bioskop. Hasil ngejiplak rupanya...

    ReplyDelete