Monday, April 20, 2009

Aktris Cilik Slumdog Millionaire Dijual Ayahnya Seharga $400,000

Ayah aktris cilik bintang Slumdog Millionaire, Rafiq Qureshi menawarkan anaknya Rubina Ali (pemeran Latika kecil) kepada sebuah keluarga kaya Arab dengan harga $400,000. Celakanya, keluarga kaya yang ditawarkan Rafiq adalah wartawan Inggris, The News of the World yang sedang menyamar menjadi keluarga kaya dari Dubai atau yang lebih dikenal dengan sheikh. Rencana penjualan putrinya yang berusia 9 tahun terbongkar berkat sebuah rekaman wawancara yang dilakukan wartawan yang menyamar dengan Rafiq saat menyambangi rumahnya di kawasan kumuh kota Mumbai, India.

Dalam laporan berita investigasi yang diturunkan The News of the World edisi Minggu (19 April 2009), Rafiq awalnya menawarkan Rubiana Ali seharga $50,000 kemudian meningkat hingga menjadi $400,000. Nilai itu meningkat karena diprovokasi saudaranya, Mohiudin. Berbagai alasan dilontarkan Rafiq seputar penjualan putrinya. Rafiq mengatakan "The child is special now". "This is not an ordinary child. This is an Oscar child!".

Rafiq menginginkan Rubiana Ali bisa diadopsi sebuah keluarga kaya dan mereka keluar dari perkampungan kumuh. Rafiq mengatakan sejak Rubiana Ali meraih Oscar lewat Slumdog Millionaire dan jalan-jalan ke Hollywood berkat bantuan sutradara Danny Boyle, tidak ada yang berubah dalam hidupnya. Mereka tetap hidup miskin. Sudah 3 generasi mereka hidup di pemukiman itu. Rafiq mengaku sudah tidak tahan hidup dalam kemiskinan hingga niat menjual Rubiana Ali muncul.

Menyinggung bukti rekaman yang berisi wawancara dengan dirinya seputar penjualan Rubiana Ali, Rafiq membantah. "It is a conspiracy to malign my reputation. The voice in the video is not mine." ujar Rafiq mencoba mengelak.

Rubiana Ali dan Azharuddin Ismail, pemeran Latika dan Salim kecil selama ini hidup di lingkungan rumah yang kumuh persis seperti dalam film Slumdog Millionaire. Azharuddin tinggal di daerah kumuh Behrampada, Mumbai yang atapnya hanya ditutupi dengan terpal. Pemerintah India sendiri akan segera membangun rumah susun kepada artis-artis Slumdog Millionaire yang tidak mampu karena telah mengharumkan nama India.

No comments:

Post a Comment