Monday, January 16, 2012

Inilah Trailer Pertama 'Djinn' dari Tobe Hooper

Nama Tobe Hooper sempat berjaya di tahun 70 dan 80-an saat sukses menggarap film horor legendaris Texas Chainsaw Massacre dan Poltergeist. Tak heran, sutradara berusia 68 tahun ini dijuluki sutradara spesialis horor lantaran sudah membuat puluhan film horor sepanjang karirnya. Kini, di awal tahun 2012 Tobe Hooper kembali menggebrak bioskop dengan menghadirkan film horor terbarunya yang berjudul Djinn. Sesuai dengan judulnya, film supranatural ini akan mengambil Jin sebagai tema cerita utama yang diambil dari karakter mitologi dalam cerita 1001 Malam (Arabian Nights).

Dalam sebuah trailer promo yang baru saja dirilis via MovieSushi, Djinn menghadirkan ketakutan pasangan muda Arab (Khalid Laith dan Razane Jammal) yang baru saja pindah dari Amerika dan menemukan apartemen mewah di Abu Dhabi yang mereka tempati adalah dulunya bekas tanah desa nelayan yang dihuni mahluk jahat yang lebih dikenal Jin. Suasana Islami sangat terasa dalam trailer berdurasi kurang dari 4 menit ini. Malahan di dua menit awal trailer, film ini lebih terlihat sebagai sebuah film drama percintaan ketimbang sebuah film horor. Setelah itu barulah memperlihatkan ketakutan secara psikologis yang dialami pasangan muda ini mulai dari gangguan kecil hingga teror kematian. Di salah satu adegan memperlihatkan sebuah gambar USG yang menunjukkan janin jahat dari rahim ibu hamil, adegan ini mengingatkan pada film horor klasik Rosemary’s Baby.

Secara keseluruhan cerita yang dihadirkan Tobe Hooper ini terbilang menarik dan jarang diangkat ke layar lebar , kecuali film horor Wishmaster (1997) dimana Djinn digambarkan sebagai roh jahat yang menyusup ke tubuh manusia untuk membunuh dan Djinn (2008) yang dibintangi Shahin Sean Solimon. Uniknya lagi, walaupun tujuan pasarnya lebih ke penonton Amerika, film ini secara keseluruhan tetap menggunakan pemain keturunan Arab dengan campuran dialog bahasa Arab dan Inggris serta lokasi Timur Tengah. Apalagi dengan kehadiran film ini menandakan kembalinya Tobe Hooper ke genre rumah berhantu yang merupakan genre andalannya dan bisa mengobati kerinduan para penggemarnya.

Naskah Djinn dipercayakan pada David Tully. Untuk menghidupkan karakter Jin, Hooper menggandeng sutradara film lokal UEA, Nayla Al Khaja sebagai konsultan lokal. Film yang didanai perusahaan lokal, ImageNation Abu Dhabi ini belum diketahui kapan akan dirilis resmi. Menurut rumor yang beredar, film ini sempat dijegal Keluarga Kerajaan Uni Emirat Arab lantaran dinilai mengandung 'politically subversive'. Namun, pihak studio tak bergeming dan bersikukuh akan merilis film ini tahun juga. Bahkan, pihak studio nekat merilis film di bulan Januari seperti yang tercantum di dalam trailernya atau paling lambat musim panas ini.

Djinn dibintangi sejumlah pemain keturunan Arab seperti Khalid Laith, Paul Luebke, Aiysha Hart, Razane Jammal, Saoud Al Kaabi, Ghaleb El Saadi, May El Calamawy, dan Malik McCall. (TS)

'Djinn' Trailer (2012)

No comments:

Post a Comment