Wednesday, January 18, 2012

Inilah 6 Film Menyambut Hari Raya Imlek 2012!

Tahun Baru Cina 2563 sebentar lagi tiba. Dalam penanggalan kalender Lunar, Imlek jatuh pada hari 23 Januari 2012 dan tahun ini adalah tahun naga berunsur air. Seperti sudah tradisi tahunan, tak lengkap rasanya merayakan Imlek tanpa menonton film-film bertema Imlek. Untuk itu seperti tahun sebelumnya, TS secara khusus akan membahas beberapa film Mandarin yang layak ditonton selama bulan Januari untuk mengisi liburan Imlek.

Genre komedi adalah pilihan yang cocok untuk menemani Anda selama liburan Imlek karena dapat menghangatkan suasana dengan canda tawa, kebersamaan dan keceriaan bersama keluarga tercinta. Bulan Januari ini secara kebetulan ada 1 film Indonesia berjudul Xia Amei yang juga akan ikut menyemarakkan di hari besar ini. Walaupun mengusung tema yang cukup dewasa, namun film karya anak bangsa ini layak untuk ditonton. Simak daftar berikut ini :

1. Xia Aimei

Pemain : Franda, Olga Lydia, Ferry Salim, Samuel Rizal, Noorman Camaru
Rilis : 12 Januari 2012
Genre: Drama Romantis
Sutradara : Alyandra



Human trafficking menjadi tema utama dalam debut pertama karya sutradara Alyandra ini. Xia Aimei (Franda), seorang gadis desa asal Yangshuo Guangxi, China terjebak dalam perdagangan manusia bersama beberapa gadis lainnya. Xia Aimei bersama gadis lainnya kemudian dibawa ke Jakarta untuk dijadikan perempuan penghibur di sebuah klub malam mewah bernama Le Mansion. Klub yang dimiliki Jack (Ferry Salim) ini menyediakan perempuan penghibur dari China dan Uzbeskistan. Sampai disana, Xia Aimei diasuh seorang mami (Olga Lyda) dan berganti nama menjadi Xi Xi.

Suatu ketika, saat dipaksa melayani seorang bos gangster bernama bos Marun, Xi Xi tanpa sengaja melukai bos Marun dan kabur dari Le Mansion. Sampai pada akhirnya, secara tak sengaja takdir mempertemukannya dengan seorang kameraman bawah air, AJ Park (Samuel Rizal) yang menolong dan membawanya kabur dari Le Mansion. Dibantu seorang intel Imigrasi (Noorman Camaru) yang sudah mencurigai Le Mansion sebagai tempat prostitusi terselubung, AJ Park dan Xi Xi berusaha kabur dari orang-orang suruhan Jack. Film garapan Falcon Pictures ini memang menarik untuk ditonton karena mengupas kehidupan malam di Jakarta yang kelam secara gamblang dengan menempatkan wanita-wanita luar sebagai korban prostitusi.

2. The Great Magician

Pemain : Tony Leung Chiu-wai, Zhou Xun, Sean Lau Ching-Wan, Yan Ni, Wu Gang
Rilis : 12 Januari 2012
Genre: Drama
Sutradara : Derek Yee



Menjadi pesulap terhebat dengan karya-karya terbaik adalah impian Zhang Xian (Tony Leung Chiu-wa), seorang pesulap terkenal di abad ke 20. Ia kemudian memutuskan memperdalam ilmu sulap di luar negeri. Hingga suatu saat, keadaan memaksa Xian kembali beraksi di panggung karena menemukan tunangannya, (Zhaou Xun) diculik dan menjadi selir seorang Jenderal yang jahat (Sean Lau Ching-Wan). Disinilah kisah cinta segitiga yang penuh intrik dan efek visual memukau dimulai.

The Great Magician menjadi proyek reuni antara Tony Leung dengan sutradara Derek Yee dan Sean Lau. Terakhir, Leung dan Derek terlibat dalam People’s Hero di tahun 1987. Sementara itu, terakhir Leung bertemu dengan Lau di 13 tahun yang saat bersama-sama membintangi The Longest Nite garapan sutradara Johnnie To. Bintang laga legendaris, Jackie Chan juga akan menyempatkan diri muncul sebagai cameo di film in. Sebenarnya film drama komedi ini sudah dirilis 22 Desember 2011 lalu di Hongkong, namun pihak Bona Studios dan Emperor Motion Pictures memutuskan baru merilisnya 12 Januari di China.

3. All's Well End's Well 2012

Pemain : Raymond Wong, Donnie Yan, Louis Koo, Chapman To, Yang Mi, Sandra Ng, Kelly Chan, Lyn Xiong
Rilis : 20 Januari 2012
Genre : Drama Komedi
Sutradara : Chan Hing Ka



Seperti tradisi tiap tahun menjelang Imlek, seri All's Well End's Well kini sudah memasuki jilid ke empat. Film yang menghadirkan sederet bintang papan atas Hongkong seperti Donnie Yen, Louis Koo, Chapman To, Raymond Wong, Sandra Ng, Kelly Chen, Lynn Hung dan Yang Mi ini menceritakan 4 pria yang mengemban sebuah misi heroik untuk menolong 4 wanita protagonis. Dalam perjalanannya, misi tersebut lalu berubah menjadi hubungan cinta yang indah dimana mereka kemudian saling jatuh cinta dan berpasangan. Dalam film Chan Hing Ka bisa dilihat akting dan penampilan bintang laga terkenal, Donnie Yen yang kocak dan mengundang tawa. Begitu juga dengan Louis Koo yang biasanya bermain di film serius, kali ini harus tampil beda.

All's Well End's Well adalah tontonan wajib saat Imlek tiba. Tradisi merilis film bertabur bintang sama halnya dengan di Amerika saat perayaan New Years Eve atau Tahun Baru dimana selalu dirilis film komedi romantis yang dibintangi sejumlah aktor dan aktris papan atas Hollywood.

4. The Viral Factor

Pemain : Nicholas Tse, Jay Chou
Rilis : 19 Januari 2012
Genre: Action
Sutradara : Dante Lam



Dua bintang papan atas Mandarin, Jay Chou dan Nicolas Tse akan bekerjasama dalam sebuah film aksi terbaru garapan sutradara Dante Lam. Dikisahkan seorang agen International Security Affairs, Jon (Jay Chou) ditugasi menghentikan kasus email gelap internasional yang mengirimkan sebuah virus mematikan. Misi yang diemban adalah mengawal dan melindungi seorang saksi dari Yordania ke Belanda, namun yang terjadi sebuah insiden fatal terjadi. Sebutir peluru bersarang di otaknya, tunangan dan mitra kerjanya tewas dan para pengkhianat dari kelompok Sean juga menemui ajal. Saat berhasil melarikan diri, Jon menemukan ayah dan kakaknya, Wan Yang (Nicholas Tse) ternyata masih hidup. Ironisnya, Yang adalah anak buah pimpinan Sean yang sangat jahat yang ingin mengacaukan dunia dengan sebuah virus mematikan. Sean memaksa seorang ilmuwan wanita bernama Rachel untuk menumbuhkan virus sehingga cepat bermutasi. Jon dan Yang lalu bersama-sama berusaha menghentikan usaha Sean. Pertempuran besar tak terelakkan lagi di Hong Kong, saat Sean berusaha melepaskan sebuah virus mematikan.

Selain Nicholas Tse dan Jay Chou, film yang disebut-sebut sebagai film Hong Kong termahal yang pernah dibuat ini juga diramaikan bintang Korea, Jung Woo-sung atau Lee Byung-Hun yang akan memainkan karakter antagonis. Sedangkan aktris cantik China, Lee Bingbing akan berperan sebagai salah satu pemain utama wanita.Dante Lam menjanjikan film ini akan penuh dengan adegan perkelahian, pertempuran pesawat, tank dan peluncur roket.

5. I Love Hong Kong 2012

Pemain : Eric Tsang, Teresa Mo, Bosco Wong, Denise Ho, William So, 6Wing, Standley Fung, Viann Zhang
Rilis : 20 Januari 2012
Genre : Komedi
Sutradara : Chung Shu Kai, Wilson Chin



Sama seperti franchise All's Well End's Well, I Love Hong Kong adalah sebuah film yang selalu muncul menjelang Imlek tiba. Di versi tahun 2012, film yang diproduseri Eric Tsang ini menyorot problema keluarga Kwok Chun, seorang pembaca berita cuaca terkenal yang bermimpi selalu ingin menjadi pusat perhatian. Namun, dalam suatu insiden, Kwok malah pensiun. Suatu ketika, dia menemukan sebuah ancaman mematikan bagi dunia dan memberinya kesempatan untuk menjadikan berita sensasi.

Demikianlah beberapa film Mandarin yang dipersiapkan untuk menyambut Imlek. Gong Xi Fat Chai! (TS)

No comments:

Post a Comment