Tuesday, June 14, 2011

Produser 'Spider-Man' Laura Ziskin Meninggal Dunia

Hollywood kehilangan produser terbaiknya. Laura Ziskin, produser film Pretty Woman dan Spider-Man meninggal dunia dalam usia 61 tahun di kediamannya di Los Angeles, Amerika Serikat. Ziskin meninggal karena penyakit kanker payudara yang dideritanya.

Selama tujuh tahun, Laura Ziskin harus bertarung dengan penyakit kanker payudara yang dideritanya. Ziskin juga tercatat sebagai pendiri pendiri organisasi amal Stand Up To Cancer yang bergerak di bidang penelitian kanker pada tahun 2008. Awal tahun ini, Ziskin dianugerahi Visionary Award dalam ajang Producers Guild of America.

Dalam dunia film, Laura Ziskin adalah produser wanita yang cukup dikenal. Salah satu franchise film yang membuat nama Ziskin melambung adalah film Spider-Man yang tercatat sebagai salah satu film terlaris dan tersukses milik Sony Pictures. Ziskin memproduseri ketiga film Spider-Man bersama Sam Raimi.

Saat mengerjakan Spider-Man 2 di tahun 2004, Ziskin didiagnosa mengidap penyakit kanker payudara. Mengetahui hal itu tak membuat Ziskin sedih, dirinya bahkan menyebut sebagai gadis yang beruntung dan tak ada hal buruk yang terjadi padanya. Pernyataan ini diungkapkan Ziskin ke Variety bulan Januari lalu.

Sepanjang karirnya sebagai produser, Ziskin telah menghasilkan beberapa film terkenal seperti Pretty Woman, What About Bob?, Hero, To Die For dan As Good As It Gets. Tahun 1994, Ziskin menjabat sebagai presiden perusahaan Fox 2000 Pictures, anak perusahaan 20th Century Fox. Di bawah pimpinannya, Fox 2000 menghasilkan beberapa film berkualitas seperti Courage Under Fire, One Fine Day, Inventing The Abbotts, Volcano, Soul Food, Never Been Kissed, Fight Club, Anywhere But Here, Anna And The King, dan The Thin Red Line. Ziskin juga pernah memproduseri acara Oscar pada tahun 2002 dan 2007 sekaligus tercatat wanita pertama yang memproduseri acara bergengsi itu.

Ziskin meninggalkan suamianya Alvin Sargent, seorang penulis skenario pemenang Oscar (Ordinary People, Julia) dan anak perempuannya, Julia. Sony Pictures berencana akan membuat sebuah peringatan khusus untuk Laura Ziskin atas kontribusi besarnya di dunia film. Goodbye, Ziskin.... (TS)

No comments:

Post a Comment