Tuesday, September 27, 2016

'Call of Heroes', Ketika Para Pendekar Bersatu Melawan Kezaliman Penguasa

Tahun ini, Hong Kong cukup aktif mengeluarkan film silat (Wu Xia) dengan bumbu fantasi. Sebulan terakhir ini sudah dirilis League of Gods dan Time Raiders yang dibintangi aktor aktris Hong Kong terkenal dan special effect memukau. Namun kedua film tersebut kurang diminati dan tidak terlalu berkesan meskipun ceritanya sangat menarik. Selain kedua film diatas, ada dua film yang bakal tayang yakni The Warriors Gate dan L.O.R.D: Legend of Ravaging Dynasties. Ada satu film silat lain yang tak boleh terlewatkan, Call of Heroes yang dibintangi Eddie Peng, Sean Lau dan Louis Koo yang pantas ditonton. 

Jika ada yang menyamakan film ini dengan Seven Samurai atau The Magnificent Seven memang ada kemiripan yakni tentang sekumpulan pahlawan yang melindungi sebuah kota dari penguasa jahat. Premis ini menjadi formula utama bagi sutradara kawakan Benny Chan yang sukses menggarap Shaolin yang dibintangi Andy Lau dan Nicolas Tse. Cerita dalam film ini ada kemiripan dengan Shaolin tentang kepahlawanan dan rasa setiakawan yang tinggi. 

Diceritakan seorang anak penguasa yang kejam, Jenderal muda Chao Shaolun (Louis Koo)  sengaja menembak mati 3 orang penduduk kota Pucheng. Kematian 3 orang tak bersalah ini menyulut emosi para penduduk lain. Chao Shaolun lalu ditangkap kapten Yang Kenan (Sean Lau) yang ditugasi bertanggung jawab atas segala keamanan kota Pucheng di kala pasukan tentara pemerintah pergi berperang. Kapten Yang Kenan tak sendiri, ia dibantu sekelompok pendekar yang menjadi pengikut setianya. Chao Shaolun lalu dijatuhi hukuman mati dan anehnya, Chao Shaolun malah senang hingga ia mencoba bunuh diri. Namun, sebelum hari eksekusi tiba, seorang kolonel pasukan Chao, Zhang Yi (Wu Jing) datang dan ingin membebaskan Chao Shaolun. 

Zhang Yi juga mengancam akan menghabisi semua penduduk kota jika sampai Chao Shaolun dihukum mati. Kapten Yang Kenan menghadapi dilema berat, diantara menegakkan keadilan atas kematian 3 orang penduduknya atau membebaskan Chao Shaolun demi keselamatan seluruh penduduk. Sementara itu, Ma Feng (Eddie Peng). yang sejak awal datang ke Pucheng mengamati intimidasi pasukan tentara Chao. Belakangan, terkuak Ma Feng memiliki hubungan saudara dengan Zhang Yi. Keduanya pernah berjuang bersama menjadi pengawal sebelum memilih jalan masing masing. Kedekatan ini membuat Ma Feng berusaha keras melobi Zhang Yi untuk tidak menyerang penduduk kota Pucheng. Lalu apakah Ma Feng akan berhadapan dengan saudara seperguruannya, Zhang Yi? Temukan jawabannya dalam film ini

Call of Heroes tak hanya menyajikan koreografi tata laga yang luar biasa dari Sammo Hung juga performa dari akting aktor aktrisnya yang sudah tak diragukan lagi. Louis Koo yang biasa memerankan karakter protagonis kini ia harus memerankan karakter antagonis yang kejam dan sinting. Mungkin karakter Chao Shaolun yang diperankannya bisa disamakan dengan Joker, musuh Batman yang psikopat, nekat dan memiliki banyak trik berbahaya. Perlu diketahui juga, anak Sammo Hung, Timmy Hung juga bermain dalam film ini sebagai salah satu anggota tim pengawas Kapten Yang Kenan. 

Film Call of Heroes sudah dirilis 12 Agustus lalu dan saat ini masih tayang di beberapa bioskop tanah air. (TS)






No comments:

Post a Comment