Monday, August 22, 2016

Zendaya Perankan Mary Jane di 'Spider-Man : Homecoming' Menuai Kontroversi

Bintang Disney Channel, Zendaya Maree Stoermer Coleman akhirnya diumumkan akan memerankan karakter Mary Jane Watson dalam film terbaru Spider-Man : Homecoming.

Pengumuman aktris berusia 19 tahun yang memerankan karakter ikonik ini pun menuai kontroversi di kalangan fans. Menurut para fans, Zendaya dianggap tidak pantas memerankan kekasih Peter Parker (Tom Holland) lantaran ia berkulit  coklat, berambut ikal dan merupakan keturunan Afrika Amerika. Akun @AgentSpiderman di Twitter, sempat menggungah sebuah foto Zendaya yang berpose ala Mary Jane dengan tampilan rambut berwarna merah. 

Wajar saja penolakan para fans beralasan. Sebab dalam versi komik dan filmnya yang sudah sudah, karakter Mary Jane digambarkan sebagai wanita berkulit putih yang berambut merah. Dalam trilogi Spider-Man garapan sutradara Sam Raimi misalnya, Mary Jane diperankan oleh aktris Kirsten Dunst  Kemudian, aktris Shailene Woodley sempat memerankan Mary Jane di  The Amazing Spider-Man 2, namun sayangnya semua adegannya dipotong dan ia dicoret dari film. Sebuah sumber menyatakan alasan penghapusan adegan Mary Jane karena mendapatkan kemarahan dari fans yang membenci Woodley.Sejauh ini, Sony dan Marvel belum mengkonfirmasi Zendaya akan berperan sebagai Mary Jane. Sang sutradara Jon Watts pernah mengumumkan Zendaya akan memerankan karakter baru bernama Michelle di ajang Comic Con 2016, San Diego beberapa waktu lalu. 

Kontroversi Zendaya membuat James Gunn sebagai sutradara Guardians of the Galaxy 2 akhirnya angkat bicara dan membela Zendaya. Ia membuat status tentang opini Zendaya di akun resmi facebook pribadi nya. Ia berpendapat, karakter lah yang membuat suatu tokoh hidup, bukan masalah warna kulit ataupun ras. Gun juga membandingkan Michael B. Jordan yang memerankan Human Torch versi kulit hitam. 

"Bagiku atribut utama seorang karakter  adalah warna kulit atau warna rambut, maka karakter itu bisa aku bilang terlalu dangkal. Apa yang menonjol dari sosok Mary Jane adalah keceriaan dan kekuatan seorang wanita. Jika aktris yang memerankannya bisa menampilkan atribut itu, berarti dia keren. Aku pikir Zendaya cocok banget memerankan MJ, dia tinggi dan ramping seperti model, lebih keren dari pemeran sebelumnya,"  ujar Gunn yang mengaku sudah bertemu Zendaya dan membaca skenario Spider-Man : Homecoming. Di akhir tulisan Gunn sempat meminta para fans untuk segera move on dan tidak terpaku pada komik karena rata rata komik dibuat tahun 60-an sehingga kurang relevan lagi di zaman sekarang. 


Di film terbaru Spider-Man ini akan ada 3 musuh, dua diantaranya akan diperankan Bookeem Woodbine dan Logan Marshall-Green. Sementara Robert Downey Jr. dipastikan akan muncul kembali memerankan Tony Stark/Iron Man. Selain itu ada Marissa Tomei sebagai Bibi May. 

Spider-Man: Homecoming diambil  dari komik The Amazing Spider-Man edisi #252 yang dirilis pada tahun 1984. Dikisahkan manusia laba laba yang berprofesi sebagai fotografer itu kembali ke kota New York setelah terlibat pertempuran besar yang melibatkan Captain America, Iron Man, Hawkeye, Thor, Captain Marvel, dan Spider-Man berkostum hitam.

Spider-Man: Homecoming disutradarai Jon Watts (Cop Car) dari naskah yang ditulis oleh  John Francis Daley dan Jonathan M. Goldstein (Vacation). Film ini akan dirilis 7 Juli 2017. (TS)





Berita Terkait :

No comments:

Post a Comment