Friday, August 20, 2010

China Bikin Film Paul Gurita Si Peramal, 'Kill Paul Octopus'

Pesta akbar Piala Dunia 2010 yang digelar di Afrika Selatan telah usai. Spanyol berhasil keluar menjadi pemenang Piala Dunia 2010. Selama berlangsungnya Piala Dunia 2010 , muncul dua selebriti yang paling banyak menyita perhatian masyarakat dunia. Dia adalah seekor gurita bernama Paul yang tinggal di akuarium Sea Life Centre di Oberhausen, Jerman. Satunya lagi adalah seekor burung parkit yang juga jago meramal bernama Mani yang tinggal di Singapura. Namun, kehebatan Mani tidak sejago dan sefenomenal Paul. Hasil prediksi Mani di partai puncak Spanyol-Belanda meleset dan karirnya pun tamat.

Khusus Paul, gurita berumur 2 tahun ini memiliki kemampuan meramal secara tepat 8 pertandingan, termasuk meramal Spanyol sebagai juara Piala Dunia 2010 dalam partai final Spanyol-Belanda. Kendati tinggal di Jerman, binatang berkaki delapan penghuni akuarium Sea Life Centre di Oberhausen ini tidak begitu disukai masyarakat Jerman. Pasalnya, Paul pernah meramal Jerman kalah dari Spanyol dan membuat masyarakat Jerman marah hingga ingin menggorengnya.

Kehebatan dan kehidupan perjalanan singkat Paul sebagai gurita peramal cukup mendapat perhatian besar. Terlebih beredar kabar bahwa Paul akan dibunuh oleh masyarakat Jerman yang membencinya karena meramal Jerman kalah dari Spanyol. Bahkan ada orang yang sampai rela menyewa pembunuh bayaran untuk membunuh Paul dan akan menjadikannya sup.

Inilah yang menjadi inspirasi China untuk membuat film berjudul Kill Paul Octopus yang akan dirilis Agustus ini. Film yang akan dibuat dokumenter ini aslinya berjudul "Ran Qing Shi Jie Bei" (The Legend of World Cup), namun sutradara Xiao Jiang mengganti judulnya menjadi Kill Paul Octopus setelah Paul berhasil menebak delapan pertandingan dengan tepat.

"Kami merencanakan akan mensyut beberapa topik hangat dalam Piala Dunia 2010 seperti hasil prediksi pertandingan, perjudian, hasil prediksi yang meleset, terorisme dan aksi hooligans. Dan akhirnya kami memilih untuk mensyut hasil prediksi pertandingan ketika Paul si gurita peramal muncul mengesankan dan membuat heboh masyarakat dunia"
ujar Xiao Jiang.

Xiao Jiang mengatakan telah mengirimkan undangan kepada kepala akuarium di Jerman untuk mengundang Paul untuk menghadiri pemutaran perdana filmnya di China. Sang "aktor utama" yang tampil dalam film tersebut sebenarnya bukanlah Paul yang asli melainkan gurita lain yang menyerupai Paul. Dua komentator sepak bola ternama China, Huang Jianxiang dan Li Chengpeng akan ikut meramaikan film ini. (TS)

Foto Paul saat meramal pertandingan final Spanyol vs Belanda.

1 comment: