Monday, November 28, 2016

Lihat Aksi Memukau Stuntman Damian Walters di 'Evolution of Movie Stunts'

Profesi stuntman atau pemeran pengganti sangat penting dalam sebuah film laga. Stuntman adalah seorang aktor yang bertugas menggantikan peran aktor utama dalam melakukan adegan berbahaya seperti berkelahi, meloncat dari ketinggian hingga mengendarai mobil dalam kecepatan tinggi. Jika melakukan kesalahan sedikit saja, akan fatal dan nyawa melayang. 

Salah satunya stuntman profesional adalah Damian Walters. Pria Inggris berusia 34 tahun ini merupakan stuntman dari film film Hollywood  terkenal seperti Kick-Ass, Sherlock Holmes: A Game of Shadows, Captain America: The First Avenger, Skyfall, Kingsman: The Secret Service,  dan  yang akan datang Assassin’s Creed.  Walters unjuk kebolehannya dalam sebuah video berjudul Evolution of Movie Stunts, kerjasama antara Honda dengan All4. Dalam video tersebut Damian memperagakan sejumlah teknik adegan berbahaya dari film film terkenal zaman dulu hingga modern di dalam studio yang sudah diset. Mulai dari adegan ikonik Steamboat Bill Jr, Dodge City, North By Northwest, The Terminator, The Matrix hingga 300.

Dibanding dengan tim produksi, terkadang stuntman masih dianggap sebelah mata. Padahal stuntman ini lah yang memberikan nyawa pada sebuah film terutama untuk genre aksi selain aktor dan aktris terkenal. Meskipun sekarang peran stuntman mulai digantikan efek CGI yang canggih yang hasilnya sangat terlihat nyata. Hingga kini profesi stuntman belum  mendapatkan satupun kategori di ajang Oscar atau Golden Globes. Hanya ada ajang penghargaan tahunan seperti Taurus World Stunt yang mengkhususkan memberikan penghargaan pada stuntman. 


No comments:

Post a Comment