Monday, September 5, 2016

Tom Hanks Jadi Pilot Penyelamat di Trailer 'Sully'

Menjadi seorang pilot pesawat komersil harus memiliki tanggung jawab besar atas keselamatan semua penumpangnya. Itulah harapan kapten Chesley Sullenberger yang diperankan Tom Hanks dalam film drama biopik Sully  garapan sutradara Clint Eastwood. Sekali lagi, Tom Hanks akan menjadi pahlawan sederhana seperti di dua film sebelumnya, Bridge Of Spies dan Captain Phillips.

Film yang diangkat dari  buku otobiografi berjudul Highest Duty karya Chesley Sullenberger dan Jeffrey Zaslow ini menceritakan pilot asal Amerika, kapten Chesley Sullenberger  (Tom Hanks)  yang melakukan penerbangan US Airways Flight 1549 pada tanggal 15 Januari 2009 di bandara LaGuardia, New York. Setelah 3 menit lepas landas, pilot yang akrab dipanggil Sully ini melaporkan ke petugas lalu lintas udara bahwa pesawat Airbus A320 telah menabrak sekawanan burung besar sehingga  kedua mesin pesawat mati.

Sully sempat  berdiskusi dengan co-pilot Jeffrey Zaslow (Aaron Eckhart) dan kebingungan antara memilih kembali ke bandara LaGuardia atau mendarat darurat di bandara Teterboro, New Jersey. Namun Sully mengambil keputusan satu satunya pilihan yang layak adalah melakukan pendaratan darurat di Sungai Hudson, Manhattan dan menyelamatkan 155 penumpang pesawat itu. Beruntung, semua penumpang dan awak pesawat selamat dari insiden birdstrikes tersebut. Atas keberanian dan aksi heroiknya, Sully dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh pemerintah Amerika Serikat.  Belakangan diketahui, sekawanan burung yang menabrak pesawat tersebut adalah angsa Kanada yang rata rata memiliki berat 6 kg. 

Clint Eastwood tak hanya menyajikan adegan penyelamatan yang sukses tapi juga menyoroti konflik antara Sully dengan Komite Nasional Keselamatan Penerbangan yang berbeda pendapat. Film Sully juga dibintangi Aaron Eckhart, Laura Linney, Anna Gunn  akan mulai tayang 9 September ini termasuk di Indonesia. (TS)

No comments:

Post a Comment