Sunday, April 17, 2016

Foto Pertama ‘Ghost in the Shell’ Tampilkan Scarlett Johansson Sebagai Motoko Kusanagi, Salah Casting???

Syuting film live action  Ghost in the Shell yang diadaptasi dari anime terkenal Jepang akhirnya sudah dimulai di Wellington, Selandia Baru. Paramount Pictures dan DreamWorks baru saja mengeluarkan foto pertamanya yang menampilkan Scarlett Johansson sebagai Mayor Motoko Kusanagi. Dalam foto tersebut. terlihat Scarlett Johansson tampil dengan potongan rambut pendek dan sedang menatap dingin.

Banyak yang mempersoalkan terpilihnya Scarjo dalam film adaptasi manga Jepang lantaran dianggap melenceng dari karakter asli yang seorang wanita Asia. Terlebih, hampir semua aktor dan aktris di film ini didominasi pemain Asia seperti Beat Takeshi Kitano (Merry Christmas, Mr. Lawrence), Kaori Momoi (Memoirs of a Geisha), Chin Han (Marco Polo, Captain America: The Winter Soldier), Danusia Samal (Tyrant), Lasarus Ratuere (Terra Nova), Yutaka Izumihara (Unbroken) dan Tuwanda Manyimo (The Rover). Sementara pemain lainnya adalah Juliette Binoche (Clouds of Sils Maria) sebagai Dr. Ouelet, Pilou Asbæk (Lucy) is sebagai Batou. dan Michael Pitt (Hannibal) sebagai musuh utama Kuze. Aktris Agents of S.H.I.E.L.D, Ming-Na Wen sempat mengkritik foto Scarjo lewat akun Twitter miliknya.

Pihak Paramount berjanji akan mempoles wajah Scarjo terlihat lebih seorang Asia lewat perusahaan visual efek Lola VFX. Perusahaan ini sebelumnya berhasil memanipulasi wajah Brad Pitt dan Cate Blanchett dalam The Curious Case Of Benjamin Button. Kontroversial masalah casting yang melenceng dari karakter aslinya  juga pernah menimpa Emma Stone yang diprotes  dalam film Aloha dimana Emma memerankan  seorang karakter blasteran Cina dan Hawaii, Rooney Mara  sebagai suku Indian dalam Pan dan sebagian pemain Gods of Egypt yang berdarah Kaukasoid memerankan karakter Dewa Dewi Mesir yang notabenenya berkulit sawo matang. Yang terbaru, Tilda Swinton yang memerankan The Ancient One dalam Doctor Strange, seharusnya dalam versi komiknya adalah seorang pria keturunan Asia.

Ghost in the Shell menceritakan tentang seorang polisi cyborg wanita yang memiliki kekuatan superhuman bernama Motoko Kusanagi, anggota divisi operasi khusus Section 9. Unit khusus ini memiliki spesialisasi untuk menangani dan menyelesaikan kasus kejahatan yang berhubungan dengan teknologi canggih. 

Proyek film adaptasi dari manga karya Masamune Shirow ini disutradarai oleh Rupert Sanders (Snow White and the Huntsman) berdasarkan naskah cerita yang ditulis oleh Jonathan Herman (Straight Outta Compton). Avi Arad, Ari Arad dan Steven Paul akan memproduseri film ini dengan dukungan dari Steven Spielberg. Film ini direncanakan untuk dirilis pada tanggal 31 Maret 2017. (TS)

No comments:

Post a Comment