Monday, January 26, 2015

Terus Merugi, DreamWorks Animation Kurangi Produksi Film Animasinya

DreamWorks Animation (DWA) akan mulai mengurangi produksi film animasi setiap tahunnya. Jika biasanya, DWA merilis setidaknya tiga film animasi setiap tahun, sekarang akan dikurangi hanya dua film saja.  Langkah ini terpaksa diambil DWA lantaran tiga film animasinya,  Rise of the Guardians, Turbo dan Mr. Peabody and Sherman memperoleh hasil yang mengecewakan. Entah kenapa, belakangan ini film animasi keluaran DWA mengalami penurunan dari segi kualitas maupun jumlah penonton.

Karena krisis keuangan, DWA memutuskan hanya akan merilis dua film animasi setiap tahun, satu film baru dan satu sekuel. Selain itu, DWA juga akan menutup kantornya, PDI di California tenggara dan mem-PHK 500 karyawannya. Sejumlah karyawan lainnya akan direlokasi ke kantor lain di Glendale.
.
Sebelumnya, DWA gembar gembor merilis sejumlah film animasi unggulannya di beberapa tahun ke depan seperti B.O.O.: Bureau of Otherworldly Operations, yang sedianya akan dirilis musim panas 2015 namun batal. Kemudian lainnya adalah Mumbai Musical (10 Maret 2017), Madagascar 4 (18 Mei 2018) dan Puss in Boots 2: Nine Lives and 40 Thieves 2 (November 2018). Namun, film film tersebut menggantung nasibnya, lantaran DWA tidak mau mengambil resiko mengalami kerugian besar kembali. Dalam siaran persnya, DWA mengumumkan akan membuat strategi baru dengan memaksimalkan sumber daya manusia dan mengurangi biaya. Satu film, biasa diproduksi dengan biaya 145 juta dollar Amerika akan ditekan hingga 120 juta dollar Amerika.

 Co-President Feature of Animation yang baru saja ditunjuk, Mireille Soria dan Aamir Ghani mengatakan saat ini mereka akan fokus pada 6 film untuk 3 tahun ke depan, yakni satu film baru dan satu sekuel untuk setiap tahunnya. Keenam film animasi tersebut adalah  Kung Fu Panda 3 (18 Maret 2016), Trolls (4 November 2016), Boss Baby 13 (Januari 2017), The Croods 2 (22 Desember 2017), Larrikins (16 Februari 2018) dan How to Train Your Dragon 3 (29 Juni 2018).

Sementara Captain Underpants yang diproduksi di luar studio dengan biaya rendah akan dirilis 2017. Di tahun ini saja, DWA hanya merilis satu film yakni Home pada 27 Maret.  CEO DWA, Jeffrey Katzenberg mengatakan prioritas utama dari inti bisnis film DWA adalah kreativitas yang konsisten dan keuangan yang sukses. "Saya percaya rencana strategi ini akan menciptakan  film film hebat, lebih baik dari hasil box office dan pertumbuhan profitabilitas yang melengkapi bisnis kita" ujarnya optimis. (TS)

No comments:

Post a Comment