Wednesday, January 15, 2014

Pemberi Nama Pixar Pensiun di Usia 66 Tahun

Pixar. Mendengar kata itu, yang terbesit di pikiran kita adalah pembuat film-film animasi 3D berkualitas Oscar seperti Toy Story, Monster Inc, Finding Nemo dan Up. Namun, banyak yang tidak tahu siapa yang memberi ide nama Pixar dan dari nama itu berasal.

Mungkin sebagian orang pasti menjawab George Lucas, Steve Jobs, Ed Catmull, dan John Lasseter. Keempat orang jenius ini memang merupakan pendiri Pixar, tapi bukanlah yang memberi nama Pixar.  Ada satu orang yang tak pernah seakan dilupakan, yakni Loren Carpenter.  

Carpenter yang kini berusia 66 tahun dan memutuskan pensiun. Kabar ini disampaikan langsung oleh direktur Pixar, Mark Walsh dalam tweet-nya. Dalam buku Droidmaker karya Michael Rubin yang membahas kelahiran Pixar juga sempat menyinggung nama Carpenter sebagai penemu nama Pixar. Carpenter memiliki andil besar membuat film animasi komputer pertama Toy Story di tahun 1995 yang meledak di pasaran.

Sebelum menamakan Pixar, Carpenter sempat memberi nama Cinematrix. Namun usulan nama itu ditolak karena tidak disukai. Suatu malam di tahun 1979, Carpenter bersama 3 rekannya, Alvy Ray Smith, Jim Blinn, dan Rodney Stock pergi makan malam sehabis pulang kerja. Mereka memilih sebuah restoran terbuka di dekat taman untuk mendapatkan ide nama baru untuk divisi khusus komputer animasi di LucasFilm. Meskipun agak sedikit berisik, namun tempat itu cukup nyaman.

Alvy memulai diskusi dengan mengajak para rekannya untuk berpikir tentang nama yang terlihat keren dan ilmiah. Alvy lalu berandai-andai mencoba kata Laser , Pixel atau Pixer. Alvy kemudian berhenti dan menurutnya Pixer kedengarannya cukup bagus. Namun, Carpenter menolak lantaran cukup aneh dan tidak akan diingat. Carpenter berpikir sejenak dan menyebut nama Pixar. Usulan tersebut langsung diterima Alvy. Menurut Carpenter, nama Pixar sekilas terdengar mirip dengan Radar, atau  sesuatu yang berhubungan dengan astronomi seperti Quasar dan Pulsar.

Begitulah sejarah bagaimana nama Pixar lahir. Sampai sekarang, Pixar sudah membuat 14 film animasi 3D yang hampir semuanya laris manis dan memborong piala Oscar untuk kategori Film Animasi Terbaik. Terakhir, Pixar membuat sekuel Monster University di tahun 2013. (TS)

No comments:

Post a Comment