Thursday, April 4, 2013

Kritikus Film Kondang Roger Ebert Meninggal

Dunia film kehilangan sosok kritikus film terbaiknya. Kritikus film kondang Roger Ebert meninggal dunia karena kanker pada hari Kamis (4/4/13). Ebert meninggal dalam usia 70 tahun di Chicago setelah 1 dekade berjuang melawan kanker yang dideritanya.

Ebert kehilangan kemampuannya untuk berbicara dan makan setelah operasi kanker tiroid dan kanker kelenjar ludah pada tahun 2002 dan 2003. Ebert meninggalkan istri,  Chaz Hammelsmith, seorang anak perempuan dan dua cucu.

Roger Ebert mengawali karir sebagai kritikus film di koran Chicago Sun Times pada tahun 1967, hanya setahun setelah dirinya juga bekerja sebagai penulis cerita. Pada tahun 1975, Ebert menjadi kritikus film pertama yang meraih hadiah. Ebert menulis review film untuk Chicago Sun Time selama 46 tahun dan di TV selama 31 tahun sehingga menjadikan sebagai kritikus film terpopuler sepanjang masa.

Ucapan belangsungkawa datang dari Gedung Putih. Presiden Barrack Obama mengeluarkan pernyataan "Film tidak akan sama tanpa Roger". Ditambahkan Presiden, "Bahkan di tengah-tengah perjuangannya melawan kanker, Roger masih produktif dan tangguh untuk terus berbagi semangat dan perspektif dengan dunia".

Ebert yang terkenal dengan pujiannya dalam tiap review film, "two thumbs up" kini sudah pergi. Namun komentar dan reviewnya tetap akan selalu dikenang sampai kapanpun. (TS)

No comments:

Post a Comment