Thursday, January 5, 2012

Simpanse Tarzan Tutup Usia

Hollywood berduka karena kehilangan bintang terbaiknya. Cheetah, simpanse pintar yang membintangi film Tarzan di awal tahun 1930-an ini meninggal dunia dalam usia 80 tahun karena menderita gagal ginjal. Usia hidup Cheetah terbilang cukup lama dibandingkan dengan usia simpanse lainnya. Karena itu, Cheetah sempat masuk Guinness Book of Records di tahun 2003 dengan predikat simpanse dengan hidup terlama di dunia. Menurut National Geographic, rata-rata usia hidup simpanse liar sekitar 45 tahun atau dibawah 50 tahun.

Suncoast Primate Sanctuary di Palm Harbor, Florida adalah tempat dimana Cheetah tinggal dan dirawat sejak tahun 1960-an hingga sekarang. "Ini adalah kesedihan terbesar bagi masyarakat yang telah kehilangan seorang teman baik dan anggota keluarga". Cheetah, bintang beberapa film Tarzan meninggal dunia setelah menderita gagal ginjal sejak 19 Desember 2011 lalu” ujar Debbie Cobb, pelatih Cheetah.

Cheetah menghabiskan hidupnya lebih dari 50 tahun lebih di tempat perlindungan ini bersama mantan binatang-binatang film terkenal yang karirnya sudah tamat. Menurut ABC, sebelum meninggal, Cheetah menghabiskan hari terakhirnya dengan bermain finger painting, menonton sepakbola dan mendengarkan musik rohani.

Cheetah pertama kali memulai debut di layar lebar saat menjadi simpanse peliharaan Tarzan dalam film Tarzan The Ape Man (1932) dan Tarzan And His Mate (1934) yang dibintangi Johnny Weissmuller dan Maureen O’Sullivan. Setidaknya ada 12 film Tarzan yang dibintangi Cheetah semasa hidupnya. Terakhir, Cheetah membintangi film Doctor Dolittle di tahun 1967 bersama Rex Harrison. Sementara itu, para bintang manusianya lebih duluan meninggal. Aktor Johnny Weissmuller yang memerankan Tarzan meninggal di tahun 1984 dalam usia 79 tahun, Maureen O'Sullivan yang memerankan Jane meninggal di tahun 1998 dalam usia 87 tahun, dan Rex Harrison meninggal di tahun 1990.

Tingkah laku Cheetah yang atraktif, bandel, lucu dan menggemaskan membuat semua orang akan mengingat dan mengenangnya selalu. Goodbye, Cheetah. (TS)

No comments:

Post a Comment