Friday, November 25, 2011

Ngintip Yuk Proses Pembuatan Robot Petinju di 'Real Steel'

Film Real Steel yang baru saja ditayangkan di sejumlah bioskop seluruh Indonesia mendapat respons dan review yang luar biasa dari penonton. Film yang dibintangi Hugh Jackman ini juga lumayan sukses meraup dollar di tangga box office, sehingga tak heran DreamWorks Picture sudah ancang-ancang mempersiapkan sekuelnya.

Bagi yang sudah menonton filmnya, pasti akan terpukau dengan adegan tinju yang dilakoni para robot. Gerakan demi gerakan tinju yang dipertontonkan di atas ring terasa begitu hidup bak petinju profesional. Lalu bagaimanakah membuat dan menghadirkan robot berukuran raksasa tersebut ke dalam sebuah film?

Ini menjadi tugas besar bagi Giant Studios dan Digital Domain, yang dipercaya menggarap special effect dalam film yang disutradarai Shawn Levy ini. Beberapa robot petinju seperti Atom, Nosiy Boy, Ambush, Midas dan Zeus semuanya dibuat dari teknologi Simulcam, sebuah teknik kamera inovasi terbaru yang dikembangkan oleh James Cameron dan juga dipakai dalam film Avatar. Dalam proses motion capture, seorang model mengenakan kostum dengan titik sensor yang dipasang di sekujur tubuhnya dan berjalan seperti robot. Nantinya, setiap gerakan dan ekspresi dari sang model akan direkam di kamera dan selanjutnya akan dipoles dengan (Computer Generated) CG robot dengan tekni Vray. Tak sampai disitu, untuk lebih menghidupkan robot yang nyata dibuatlah robot versi animatronik- nya oleh Legacy yang digerakkan dengan remote. Hasilnya? Bisa dilihat di filmnya.

Real Steel mengambil setting olahraga tinju di masa depan yang dikuasai robot seberat 2000 pound dan tinggi 8 kaki. Adalah seorang mantan petinju bernama Charlie Kenton (Hugh Jackman) yang beralih profesi menjadi promotor tinju untuk robot kelas rendahan. Untuk menghidupi biaya hidupnya, Charlie memungut besi-besi bekas di arena tinju bawah tanah untuk dijadikan bagian-bagian tubuh robot. Sampai suatu ketika, Charlie Kenton bertemu dengan putranya, Max (Dakota Goyo) dan bekerjasama untuk menciptakan robot yang akan menjadi juara.

Film yang diangkat dari cerita pendek "Steel" karya Richard Matheson ini disutradarai Shawn Levy sudah diputar 7 Oktober 2011 lalu di Amerika. (TS)





Berita Terkait :

- 4 Poster Karakter 'Real Steel' Tampilkan Para Robot Petinju
- Poster Terbaru 'Real Steel' Tampilkan Hugh Jackman dan Robot
- Poster Baru 'Real Steel' Tampilkan Hugh Jackman, Dakota Goyo dan Robot
- DreamWorks Rilis Poster Pertama 'Real Steel'

No comments:

Post a Comment