Wednesday, April 20, 2011

Dominic Cooper Perankan Anak Saddam Hussein Yang Kejam di ''The Devil’s Double'

The Devil’s Double adalah salah satu film yang paling mencuri perhatian di ajang Festival Film Sundance. Film ini diangkat dari kisah hidup Uday Hussein yang kejam, putra sulung diktator Irak, Saddam Hussein yang memiliki samaran atau body double bernama Latif Yahia. Sutradara Lee Tamahori lalu mengangkat buku otobiografi yang ditulis Latif Yahia ini ke dalam sebuah bentuk film dengan memilih Dominic Cooper sebagai pemeran Uday Hussein dan Latif Yahia. Tamahori menjanjikan film ini akan dibuat seperti film gangster yang berbeda. Sosok kejam Uday yang suka menyiksa, memperkosa wanita, dan membunuh orang tak bersalah akan diperlihatkan secara gamblang di film ini.

Lalu siapakah Latif sebenarnya? Latif terlahir dari keluarga Muslim yang berlatar belakang bisnis di Baghdab 47 tahun silam. Ayahnya adalah seorang pengusaha kaya raya. Saat berusia 15 tahun, dia menempuh pendidikan di sebuah sekolah terbaik di Irak. Di sekolah itulah, Latif berteman dengan Uday. Karena memiliki kemiripan wajah, keduanya sering disebut anak kembar oleh teman sekelasnya

Ketika perang Iran-Irak meletus. Uday yang kala itu berusia 23 tahun menolak menjalani wajib militer dan menjadi sukarelawan perang. Sebagai gantinya, Latif yang bertugas di militer sebagai letnan menggantikan posisinya. Awalnya, Latif menolak rencana gila itu dan kemudian dipenjarakan. Setelah dibebaskan, Latif akhirnya menyetujui menjadi kembaran Uday. Selama enam bulan, Latif diajari cara berpose dan berpidato ala Uday. Bahkan, Latif harus menjalani operasi wajah dan perawatan gigi supaya penampilannya lebih mirip Uday.

Selama bertahun-tahun, nyawa Latif menjadi taruhan lantaran sering menjadi korban percobaan pembunuhan. Namun, hanya karena masalah wanita, hubungan Latif dan Uday meregang. Uday sampai tega menembak Latif yang selama ini melindunginya. Untungnya saat itu, Latif masih bisa meloloskan diri dari serangan brutal Uday. Selama pelariannya, Latif ditangkap dan dipenjarakan pemberontak Kurdi. Pada tahun 1992, para penculiknya akhirnya membebaskannya lantaran menyadari dia bukanlah Uday yang asli. Tahun 2003, Uday bersama adiknya, Qusay Hussein tewas saat dalam pertempuran melawan pasukan AS di Mosul, Irak utara.

Selain Dominic Cooper, film ini juga akan diramaikan aktris cantik Ludivine Sagnier yang berperan sebagai Sarrab, nyonya Uday Hussein yang juga kekasih gelap Latif Yahia. Saat ditayangkan Festival Film Sundance, Lionsgate juga merilis posternya yang keemasan dan menampilkan Dominic Cooper yang duduk bergelimang harta. The Devil’s Double yang sarat dengan adegan kekerasan ini akan dirilis di bioskop secara terbatas pada 29 Juli 2011. (TS)



No comments:

Post a Comment