Saturday, April 23, 2011

Disneynature Rilis 'Chimpanzee' Untuk Sambut Hari Bumi 2012

Earth Day atau Hari Bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April selalu dimeriahkan dengan film-film dokumenter bertema satwa dan alam. Bulan April ini, setidaknya ada dua film dokumenter satwa yang dirilis untuk menyambut hari Bumi, yakni Born to be Wild keluaran Warner Bros dan African Cats keluaran Disneynature.

Sukses dengan African Cats, Disneynature sudah menyiapkan sebuah film dokumenter satwa terbaru, Chimpanzee yang dirilis khusus menyambut Hari Bumi 2012. Saat pemutaran perdana African Cats pada 22 April lalu, Disneynature juga menyelipkan trailer pertama Chimpanzee yang memperkenalkan bayi simpanse bernama Oscar.

Sesuai judulnya, kali ini Disneynature akan mengangkat kisah kehidupan para simpanse yang hidup di hutan tropis Ivory Coast and Uganda. Film dokumenter ini akan berfokus pada seekor bayi simpanse berumur 3 tahun bernama Oscar yang awalnya hidup bahagia dengan keluarganya. Namun itu berubah saat keluarganya menelantarkannya hingga membuat Oscar menjadi hidup sendirian lalu pergi mengembara di hutan. Sampai pada akhirnya, Oscar berhasil menemukan simpanse lain yang menjadi orangtua angkatnya.

Seperti sudah tradisi, Disneynature tanpa pernah absen setiap tahunnya untuk merilis film dokumenter satwa untuk menyambut Hari Bumi. Keberhasilan March of the Penguins milik Warner Bros di tahun 2005 lalu memacu semangat Disneynature untuk membuat film dokumenter satwa dan alam. Disneynature memulai debut pertama membuat film dokumenter satwa tahun 2007 lewat Earth dan baru dirilis di Amerika tahun 2009. Earth cukup sukses dan mendapat sambutan yang baik, sehingga Disneynature kembali menghadirkan The Crimson Wing: Mystery of the Flamingos di tahun 2008 dan Oceans di tahun 2010 lalu. Tahun ini, Disneynature merilis African Cats yang berkisah tentang kehidupan keluarga singa di Afrika.

Semua film dokumenter yang digarap Disneynature menggunakan kamera berteknologi canggih, kamera 3D dan IMAX sehingga memberikan kualitas gambar yang sempurna. Belum lagi, kekuatan cerita, tema yang variatif dan pemandangan alam yang indah menjadi ciri khas tiap film dokumenternya. Chimpanzee disutradarai keroyokan oleh Alastair Fothergill dan Mark Linfield. Kepala Wild Chimpanzee Foundation, Christophe Boeschakan duduk sebagai konsultan di film ini. (TS)


'Chimpanzee' Trailer (2012)

No comments:

Post a Comment