Tuesday, March 22, 2011

'The Bang Bang Club' : Kisah 4 Fotografer Pemberani Yang Merekam Peristiwa Politik Apartheid di Afrika Selatan

Tribeca Film baru saja merilis trailer resmi dari film drama politik The Bang Bang Club, yang sebelumnya pernah diputar di ajang Festival Film Internasional Toronto bulan September lalu. Dalam cuplikan trailer berdurasi 2 menitan ini memperlihatkan empat jurnalis foto yang terjebak dalam situasi masa politik Apartheid di Afrika Selatan dalam kurun waktu 1991-1994 . Mereka merekam semua bentuk kebrutalan dan kekerasan yang terjadi saat menjelang pemilihan umum pertama di negeri itu. Tak hanya itu, mereka juga harus mempertaruhkan nyawa demi mendapatkan gambar di tengah amuk massa yang sedang bergejolak.

Film yang diangkat dari kisah nyata ini dibintangi Taylor Kitsch sebagai Kevin Carter, Ryan Phillippe sebagai Greg Marinovich, Frank Rautenbach sebagai Ken Oosterbroek dan Neels Van Jaarsveld sebagai João Silva. Selain 4 tokoh sentralnya, film ini juga turut dibintangi aktris seksi Malin Akernman sebagai Robin Comley, editor yang membantu menyebarkan hasil foto dari peristiwa kelam itu.

Film drama politik ini diangkat dari buku autobiografi berjudul The Bang-Bang Club: Snapshots from a Hidden War berdasarkan pengalaman pribadi empat fotografer perang, Greg Marinovich, João Silva, Kevin Carter dan Ken Oosterbroek. Keempat jurnalis foto ini menamakan kelompoknya dengan sebutan Bang-Bang Club. Nama ini berasal dari sebuah artikel majalah Afrika Selatan, Living. Lewat buku ini, Silva dan Marinovic memenangi dua Pulitzer untuk fotonya yang menggambarkan seorang lelaki dibakar. Bahkan kerusuhan besar di Afrika Selatan ini cukup menggemparkan dunia internasional dengan segala bentuk kebrutalan dan kekerasan didalamnya.

Untuk versi filmnya, akan menampilkan dokumentasi dan kesaksian para jurnalis foto pemberani ini yang dihadirkan dengan nuansa horor kekerasan dan sadisme. The Bang-Bang Club digarap sutradara Afrika Selatan, Steven Silver dan rencananya akan dirilis internasional pada 22 April 2011. (TS)

The Bang-Bang Club (2011)

No comments:

Post a Comment