Friday, December 31, 2010

3 Video Keren Kompilasi Film Tahun 2010! Wajib Lihat!

Tahun baru 2011 hampir tiba. Seperti biasa, menjelang di akhir tahun 2010 ada beberapa video yang berisi kompilasi film-film tahun 2010 yang sengaja khusus dibuat oleh pengguna situs video Youtube. Setidaknya ada 3 video yang dirilis, yakni dengan judul 2010 :The Cinescape, Filmography 2010 dan 2010 At the Movies. Masing-masing video dibuat secara dramatis seolah-olah memiliki alur cerita sendiri dan dilengkapi potongan-potongan dialog dari pemainnya.

Cinescape misalnya yang sukses menampilkan videonya di tahun 2008 dan 2009 kembali merilis video terbarunya. Video kompilasi yang dibuat oleh Matthew Shapiro ini menampilkan sejumlah adegan memorable dari film-film tahun 2010 yang dibuat secara dramatis. Shapiro menggunakan lagu “A Dustland Fairytale" milik grup band The Killers untuk mengisi musik di videonya. Video yang berdurasi 4 menit 17 detik ini menampilkan 200 judul film dan telah ditoton 66.000 ribu orang di Youtube.

Tak mau kalah dengan Shapiro yang sudah berpengalaman membuat video kompilasi tahunan, seorang pengguna Youtube lainnya yang menamakan dirinya genrocks memposting videonya, Filmography 2010. Dalam video itu menampilkan sedikitnya 270 judul film dari film Hollywood dan beberapa film animasi Jepang. Pemilihan musik yang ditampilkan dalam video ini pun cukup beragam dan disesuaikan dengan alur cerita video itu. Dalam wawancara dengan /Film, pengguna Youtube ini mengaku bernama Gen Ip dan berasal dari Vancouver, Kanada. Gen Ip mengungkapkan orang yang menginspirasi membuat video kompilasi ini adalah Kees van Dijkhuizen dan Matt Shapiro. Gen Ip juga menuturkan video kompilasi ini terdiri dari dua bagian, yakni momen lucu dan drama. Hampir semua cuplikan adegan dalam videonya diambil dari trailer film yang bersangkutan.

Dibandingkan dengan Cinescape, video ini terlihat lebih interaktif dengan menampilkan dialog asli pemainnya yang telah diedit dengan baik. Tak heran, video ini telah ditonton 2 juta orang sejak diposting pertama kali tanggal 13 Desember lalu.

Terakhir, ada video dari Zack Young dengan judul 2010 At the Movies. Video yang diposting 17 Desember lalu ini dibuka dengan lagu Mind Heist karya Zack Hemsey yang menjadi musik trailer Inception. Berbagai adegan memorable sejumlah film tahun 2010 dihiasi dengan lagu-lagu yang mewakili isi adegan itu. Young menggunakan 170 judul untuk video yang berdurasi hampir 4 menit itu.

Dari ketiga video ini mencoba merangkum film-film yang beredar di tahun 2010 baik itu film komersil ataupun film festival ke dalam satu video kompilasi. Sekarang, Anda yang menentukan film tahun 2010 manakah yang menjadi pilihan favorit Anda.
Happy New Year 2011! (TS)

2010: The Cinescape

Filmography 2010


2010 At the Movies


(thanks to Rama Screen)

No comments:

Post a Comment