Sunday, November 29, 2009

Sam Raimi Rencanakan Film Layar Lebar Panic Attack


Berawal dari sebuah film pendek tentang invasi robot robot raksasa yang menyerang kota Montevideo, Uruguay berjudul Panic Attack (Ataque de Pánico!) yang diperkenalkan lewat situs video terpopuler Youtube beberapa waktu yang lalu, sutradara Uruguay Federico Alvarez berhasil memikat hati sutradara Sam Raimi untuk membuat ulang versi layar lebarnya. Sam Raimi lewat Ghost House, perusahaan filmnya yang bergelut di bidang pembuatan film-film horor akan membuat versi layar lebarnya dengan gaya dokumenter persis dengan film District 9 arahan Neil Blomkamp yang baru saja dirilis Agustus kemarin. Bahkan media Amerika menyebut proyek ini sebagai “The Next District 9".

Dalam video berdurasi kurang dari 5 menit lebih ini, Federico Alvarez mengikuti formula
yang sama dengan Neil Blomkamp dengan sudut pandang gaya dokumenter.Efek ledakan dan kehancuran kota Montevido yang diciptakan Alvarez juga tidak kalah dahsyat dengan film-film sci-fi Hollywood. Desain robot yang ditampilkan juga tak kalah garang dengan robot di film Transformers.Bahkan ending dari film pendek ini mencapai titik klimaks. Jika Neil Blomkamp punya mentor Peter Jackson, Federico Alvarez punya mentor Sam Raimi yang segera akan memberi peluang pada Alvarez menjajaki karir di Hollywood. Sam Raimi menganggarkan dana sekitar 30-40 juta dolar US untuk film ini. Saat ini, Alvarez bersama penulis Rodolfo Sayagués telah pindah dari Uruguay ke sebuah apartemen di Los Angeles.


Formula dokumenter dipelopori dua film dari berbeda genre yaitu : Cloverfield dan The Blair Witch Project. Menyusul REC, sebuah film Spanyol arahan sutradara Jaume Balagueró tentang reporter muda dan kameraman yang diserang zombie. Sutradara Cloverfield, Matt Reeves berhasil menciptakan atmosfer yang benar-benar menegangkan dengan invasi monster raksasa mirip Godzilla. Keberhasilan Matt Reeves juga tak lepas dari tangan dingin produser sekaligus sutradara J.J Abrams (Star trex) dan membuat Matt Reeves dipercaya membesut film horor Let Me In.

Bulan Agustus yang lalu, Neil Blongkamp membesut film layar lebar pertamanya, District 9 yang diadaptasi dari film pendeknya, Alive in Johannesburg. Film District 9 menuai sukses besar dan dipuji kritikus film. Selain keempat film di atas, satu lagi film horor yang sedang ramai diperbincangkan banyak orang tahun ini adalah Paranormal Activity karya Oren Peli yang terinspirasi dari gaya dokumenter The Blair Witch Project. Hebatnya, Paranormal Activity dengan kisah yang cukup sederhana menuai sukses besar hingga sutradaranya Oren Peli dipercaya produser Hollywood untuk menggarap film sci-fi berbujet besar, Area 51. Di Indonesia, sineas muda Monty Tiwa juga mencoba membuat film horor bergaya dokumenter berjudul Keramat.

Satu kesamaan antara Daniel Myrick, Neil Blomkamp, dan Oren Peli adalah semuanya berangkat dari sebuah film pendek dengan gaya penceritaan ala dokumenter hingga membawa nama mereka populer di Hollywood dan di kancah internasional. Akankah Federico Alvarez bisa mengikuti jejak-jejak rekan pendahulunya menembus Hollywood? Kita tunggu saja...

Panic Attack

No comments:

Post a Comment